Minggu, 27 Mei 2012

BMW Dukung Pameran Karya Raden Saleh di Jakarta


Sebuah banner Raden Saleh ukuran besar menghiasi halaman depan Galeri Nasional Indonesia di Jakarta
  
Press Conference Raden Saleh, 25 Mei 2012; Helene Abidin (BMW) Christoph Seemann (Kedubes Jerman) Franz Xaver Augustin, (Goethe-Institut ) Gunawan Muhammad (Advisor) dan  Dr.Werner Kraus (Kurator).

SENATORINDONESIA - Goethe-Institut Indonesia, bekerjasama dengan Galeri Nasional Indonesia dan Kedutaan Besar Jerman, didukung oleh BMW, menyajikan pameran "Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Indonesia Modern. Acara akan diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur 14, Jakarta Pusat. Berlangsung mulai tanggl 3 Juni 2012 sampai 17 Juni 2012.

Demikian disampai dalam temu wicara dari panitia, Jumat 25 Mei 2012. Acara menghadirkan para pembicara; Drs. Tubagus Andre Sukmana, Direktur Galeri Nasional Indonesia, Dr. Werner Kraus, Kurator Goenawan Mohamad, Advisor, Franz Xaver Augustin, Direktur Goethe-Institut Indonesia dan Direktur Regional wilayah Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, Christoph Seemann, Sekretaris Pertama Media dan Budaya Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Indonesia dan Helena Abidin, BMW Group Indonesia. Berikut adalah penjelasan resmi dari BMW terkait dengan acara pameran karya Raden Saleh;

Budaya menyentuh dan menggerakkan manusia. Budaya pun memiliki kekuatan menjalin hubungan antar manusia sekaligus memberikan insprasi

BMW pun mejembatani pergerakan manusia. .BMW menyediakan mobilitas individu melalui produknya, dan menggerakkan manusia melalui keterlibatannya dalam berbagai kegiatan budaya. BMW memiliki tradisi dalam mendukung kegiatan seni dan budaya selama lebih dari 40 tahun.

BMW percaya bahwa suatu dari mereka yang terlibat dalam dunia seni dan budaya memegang peranan penting dalam hidup masyarakat. Suara ini memberikan tantangan bagi manusia dalam hal memberikan sudut pandang yang baru.

Keyakinan akan pentingnya seni ini mendasari keterlibatan BMW dalam pameran akbar di Indonesia yakni “Raden Saleh dan Awal dari Lukisan Modern Indonesia” yang akan berlangsung di Galeri Nasional Jakarta, mulai tanggal 2 sampai 17 Juni 2012.

Keterlibatan BMW dalam proyek ini adalah untuk mendukung kegiatan 60 tahun hubungan kerjasama antara Jerman dan Indonesia. Selain itu BMW bermaksud menunjukkan konsistensinya dalam berintegrasi dengan masyarakat Indonesia melalui seni budaya yang telah dilakukan sejak 2001.

Melalui keterlibatan dalam program ini, BMW berharap dapat membantu membuka jendela ke kehidpan Raden Saleh yang kompleks dan menarik, yang jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hidupnya tentu dapat memberikan inspirasi dan mempererat hubungan antara kedua Negara. (RAC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar